Friday, March 13, 2009

You know, this is the road !!!

Hampir satu jam saya duduk di bangku terdepan dan bersandar ke jendela bis 9B jurusan Kampung Rambutan-Bekasi, seru juga rasanya. Selama perjalanan penuh kelelahan, lelah fisik dan batin....alunan gitar pengamen dan suara seraknya berhasil buat saya terbawa ke dalam alam renungan.

Pikiran saya pun mundur beberapa jam sebelumnya, ketika Pak Ugie masih berdiri dengan spidol di tangan dan raut wajah seorang intelektual, siang tadi tentor favorit saya ini sempat berbagi petuah yang saya ingat betul, " kalau sudah sukses, bagi-bagikanlah... karena nanti semua itu akan kembali kepada kita. Toh mati tidak membawa harta atau kesuksesan. " Sambil memberi contoh kisahnya dan atasannya. What a great mind u have Sir !

Sejak hari pertama merasakan bangku diklat, melihat orang satu ini sudah berbeda..Terlebih dengan kata-kata yang selalu di ucapkannya " Hidup itu Pilihan". Dimanapun kita berada akan selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan. Mungkin hanya bayi yang tidak tahu caranya memilih,, karena orang gila saja masih bisa memilih jalur hidupnya. Life is cruel guys !

Sembari meluruskan kaki ke depan, saya pun teringat kembali telepon ba'da Magrib tadi. Suara perempuan yang halus disebrang mengabarkan saya telah lulus 3 tes seleksi karyawan salah satu stasiun televisi. "Selamat Mbak Paramita" begitu ujarnya. Ia pun meminta kesiapan saya untuk sign contract Selasa depan. Alhamdulilah kataku. Secepat telpon diangkat, secepat pula saya berucap 'Maaf, tapi saya mengundurkan diri'... Suara disebrang seketika terdengar melambat. Mungkin ini dia salah satu pilihan hidup saya di pertengahan bulan Maret 2009. Rupanya memperkirakan kemudian memilih mana yang menjadi terbaik untuk kita adalah suatu kewajiban bagi semua umat manusia (kecuali bayi).

Bekas kantong permen yang disodorkan pengamen ke arah saya membuyarkan lamunan, koin lima ratus rupiah pun jatuh didalamnya.

Saya yakin Allah SWT menunjukkan jalan kepada umatNya yang mau berusaha dan berdoa. Saya dulu menilai angka adalah sesuatu yang rumit dan saya dulu golongan pembenci pelajaran Ekonomi / Akuntansi. Dulu saya menganggap tidak ada yang menarik dari bidang itu, bahkan sangat merasa 'i'm NOT in that talent !!' Dulu saya juga sangat meyakini bahwa suatu hari saya akan bekerja di dunia tulisan atau desain, karena saya sangat merasa 'Oh My God, He gave me !!' . Tapi Allah SWT berkata lain...Saya diberikan keadaan seperti sekarang untuk saya berpikir dan berusaha lebih baik ke depannya. Di kelas pun saya tidak merasakan ketidaknyamanan, justru saya baru menemukan asyik dan senangnya mendapat pengetahuan baru tiap detiknya. Bayangkan ! Ada sesuatu dibalik 'angka' dan 'uang' itu sendiri......Keduanya jika dibalut dengan 'lingkungan' akan menjadi kesatuan yang jauh lebih kompleks dan misterius, Yes, it's so general and need socialize !!! Saya lalu berkesimpulan positif, tantangan hidup itu ada bagi mereka yang tidak menyerah. I'm in !! Saya juga masih bisa menulis atau menggambar dimanapun saya berada, dimanapun niat itu ada, cita-cita punya salon dan butik di tiap pulau di Indonesia masih bisa tercapai, toh menulis sambil jaga cucu masih bisa kan.....Kalau masih ada umur....

Pukul 21.05 WIB, mata saya mulai berat, dan lamunan saya yang agak serius tadi pun akhirnya terganti dengan lamunan yang baru. Kenapa harus ganti sih ? Karena ada sms tone dari seorang teman baru yang sedang bingung memilih nasib asmaranya. I'm so glad to be your friend Ti....

1 comment:

indrahuazu said...

mbak, join www.bengawan.org